Peluang Mahasiswa Menghasilkan Uang Dengan Menulis Blog

Postingan ini sebenarnya ingin kuberi judul "Hei Mahasiswa, Manfaatkanlah Blogger" tetapi aku urungkan niat tersebut karena terasa kurang menarik, kuputuskan untuk menambahkan kata Uang di setiap postinganku. Yap! Aku orangnya matre!

Jujur saja, aku masih ingat masa-masa kuliahku dulu, jatah biaya kuliah dan biaya hidup kuserahkan sepenuhnya pada orang tuaku, alias BESKAP, beasiswa bokap. Sejujurnya aku tidak terlalu menyesal akan hal itu, karena memang orang tuaku nggak terlalu suka kalau aku cari uang ketika kuliah, bahkan aku sering dilarang untuk cari kerja sampingan saat kuliah. Itu mungkin karena keduanya mengira kuliahku sangat sibuk sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan pekerjaan. 

Nyatanya NGGAK! Jangan bohong deh, kalian yang mahasiswa juga pasti tidak sesibuk itu. Kalian masih punya waktu 1 sampai 2 jam yang kalian buang percumah setiap harinya. Ya! Aku juga begitu. 

Nahh.. Dari pengalaman kuliah itu, yang aku sesalkan ialah, aku sering kali kesulitan untuk memahami materi stoikiometri dan menyisihkan uang jatah bulananku untuk sekedar jalan-jalan ke tempat rekreasi di Malang. Itu karena uang kirimannya benar-benar pas, cukup! Padahal kalau aku mau sedikit saja berjuang menyisihkan waktu untuk menghasilkan lebih banyak uang bulanan, aku bisa melakukan banyak aktifitas menarik di masa kuliah, termasuk berjalan-jalan mengunjungi tempar rekreasi. 

Itu dulu, dan aku nggak bisa melakukan apa-apa lagi untuk mengubah waktu yang sudah berlalu. Tapi oleh karena kenangan itu, aku mau menulis judul ini, judul yang terkhusus untuk mahasiswa. Sehingga kalian yang membaca ini bisa mencoba caraku ini, dan mendapatkan uang tambahan semasa kuliah. Bahkan sejujurnya kalian bisa hidup dengan uang dari menulis di blog tanpa bantuan orang tua kalian. 

Sebelumnya aku telah menuliskan pengalamanku menghasilkan uang dari blog dan menghasilkan uang dari review blog. Jika kalian sudah pernah membacanya, maka ini akan mirip dengan kisah-kisah itu, hanya saja aku berusaha membuat bahasan ini lebih spesifik mengikuti kemampuan dan gaya hidup mahasiswa. 

Menghasilkan Uang dengan Menulis Blog

Menjadi Penulis Blog

Kenapa Harus Blog?

Pada dasarnya bukan blog sih, fokusku ialah menghasilkan uang lewat dunia maya. Alasan pertama kenapa harus menghasilkan uang dari blog ialah karena gratis! Tentu saja, untuk membuat blog dan menghasilkan uang lewat blog tersebut, kalian hanya butuh otak dan tangan untuk mengetik. Serius!

Kalian hanya perlu membuat blog di blogger.com, kemudian mengisinya dengan tulisan yang bermanfaat. Nah.. Daripada sulit-sulit mencari tulisan jenis apa yang bermanfaat, gampangnya aja, tulis materi yang berhubungan dengan kuliahmu. Jurusan kuliahmu pasti bermanfaat kan? Nahh.. tuh dia!

Bisa Nggak Tanpa Membuat Blog?

Secara logika Bisa, kalian hanya perlu mencari blog-blog besar kemudian mendaftar sebagai penulis. Carilah blog dengan tema yang mendekati jurusan kuliah kalian. Oh ya, hampir semua blog membutuhkan penulis yang mengerti SEO, jadi kamu harus belajar SEO dulu, materinya sangat banyak di google, silahkan search. 

Sebelum mendaftar sebagai penulis di blog orang lain, sebaiknya kamu mempersiapkan contoh tulisanmu yang sudah sesuai SEO, sehingga pemiliki blog(yang nantinya akan jadi klien-mu) akan yakin dengan kemampuanmu. 

Cara ini mungkin dilakukan, tetapi akan mengalami masalah karena tulisanmu yang tersebar di dunia maya masih sangat sedikit. 

Bagaimana Kok Bisa Mendapatkan Uang dari Blog?

Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog, dan dari beragam cara itu, aku sudah melakukan beberapa. Pertama kali mendapatkan uang dari blogging ialah, ketika aku diberi tawaran menulis di blog orang. Itu lumayan hasilnya, jadi sistem kerjanya seperti ini: kita dibayar untuk membuat konten/menulis konten di blog orang lain dengan tema yang telah ditentukan. Setelah perkerjaan selesai kita dibayar. Ini adalah cara yang sangat mudah, dan seperti yang saya bilang sebelumnya, ini gratisan, tidak pakai modal. 

Cara kedua ialah dengan membuat blog yang bagus. Kemudian ketika blog tersebut telah cukup dikenal dan memiliki reputasi yang baik di Google, maka kita bisa mencari job review atau jasa blogpost. Blog dikatakan bagus ketika Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) dari blog  tersebut tinggi. Saya telah mendapatkan uang dengan cara review blog dan produk ini. 

Cara ketiga ialah berjualan di blog. Cara ini juga termasuk mudah, Kamu hanya perlu membuat sebuah blog, kemudian memajang produkmu di dalam blog tersebut. Setelah itu orang akan mengunjungi blogmu dan melihat produkmu. Jika menarik maka mereka akan membelinya. Aku juga telah melakukan bisnis online semacam ini. 

Terakhir ialah cara yang baru saja saya lakukan untuk membeli sebuah laptop, yaitu menjual Blog yang memiliki kualitas bagus. Blog dengan tema yang menarik dan pengunjung yang sangat banyak, akan berharga sangat mahal. Sebenarnya cara ini tidak terlalu kuanjurkan, tetapi kalau dalam keadaan terpaksa seperti aku kemarin, kalian bisa melakukannya juga. 

Persiapan Action!

perlengkapan menulis online
perlengkapan menulis online

Oke. Selanjutnya, untuk memulai action, secara sederhana, kita akan mengkonversi waktu-waktu menganggurmu sebagai mahasiswa menjadi waktu-waktu menulis postingan blog. Jadi, kalau setiap hari kamu menghabiskan 1-5 jam untuk Facebookan, Menonton TV atau main Game, sekarang coba gunakan waktu-waktu tersebut untuk menulis. 

Tuliskan saja apa yang menarik menurutmu, atau tuliskan ulang catatan kuliahmu dengan bahasamu sendiri. Ini akan sangat membantumu dalam hal kuliah, dan mendapatkan postingan blog sekaligus. Keren kan?

Tidak Ada Ide Tulisan

Ketika mencoba menulis, ternyata kamu nggak punya ide. Oke, aku juga mengalaminya dulu. Solusi termudahnya ialah membaca! Kamu cukup browsing mengenai hal-hal yang ingin kamu tuliskan, kemudian merangkumnya dalam satu tulisan baru. Itu sudah cukup untuk mengisi blogmu. Gampang bukan?

Mencari Pembeli/Klien

Dalam hal ini, aku anjurkan untuk mencari klien di forum ads.id. Ada banyak sekali pengembang web dan blogger di forum tersebut, dan mereka semua membutuhkan konten yang berkualitas untuk dipublish di blog mereka. 

Jika tidak ada tawaran, maka tawarkan diri ke situs-situs besar. Aku dulu sering berkunjung ke blog-blog besar, kemudian mengirimkan email tawaran sebagai penulis di blognya. Namanya juga usaha, pasti ada ditolaknya, dan itu hal biasa. 

Kerjakan dengan Cepat

Setelah mendapatkan job dari klien, usahakan untuk mengerjakannya secepatnya. Dengan mengerjakan lebih cepat, maka kalian punya waktu untuk mencari job lain, yang artinya tambahan bayaran lagi. 

Jangan menumpuk pekerjaanmu, selain ini membuat klien menunggu dan kapok, ini juga sering membuat reputasimu buruk. Jadi jangan menumpuk kerjaan ok!

Itulah beberapa langkah untuk menjadi mahasiswa berpenghasilan. Dengan cara blogging kalian bisa melatih skill menulis kalian, kemampuan berpendapat, dan kemampuan mengolah bahasa, selain itu kalian bisa juga mendapatkan bayaran atas latihan menulis kalian tersebut. Sangat mudah dan menguntungkan bukan? Cobalah!

Tidak ada komentar