Kebiasaan Yang Harus Dibangun Agar Menjadi Penulis Profesional

Kalian pasti sudah pernah tahu kan kalau banyak penulis dunia yang memiliki kebiasaan aneh. Penulis seperti James joyce harus menggunakan pakaian putih untuk dapat menulis. Marcel Proust hanya akan fokus dalam menulis jika dia berada dalam ruangan dengan aksen cokelat bergaris. Dan yang paling aneh ialah Edgar Allan Poe yang harus mendapat persetujuan kucingnya sebelum menulis. 

Ya, setiap penulis punya kebiasaan sebelum menulis, tetapi tidak semua penulis membutuhkan kebiasaan aneh tersebut, marik kita bahas kebiasaan yang diperlukan untuk menjadi penulis profesional.

Kebiasaan Penting Bagi Penulis Profesional

Mungkin beberapa tips menulis ini telah kalian lakukan, maka berikutnya ialah memodifikasinya agar mendukung kebiasaan menulis. 
Kebiasaan Menulis
Kebiasaan Penulis

Tidur Yang Cukup

Tidur merupakan kegiatan yang tidak produktif, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa tidur mendukung produktifitas kita ketika terbagun dan bekerja. 

Tidur tidak hanya menambah energi ketika bekerja, tetapi tidur yang baik dan sempurna akan memberikan inspirasi yang menarik bagi penulis. 

Sepertinya ini adalah tugas yang mudah, tetapi bagi banyak orang mendapatkan tidur yang sempurna selama 4 jam penuh merupakan hal yang sulit. Oleh karenanya dibutuhkan cara yang unik dalam membangun kebiasaan tidur nyenyak ini. 

Sebelum tidur, sebaiknya kamu dalam keadaan benar-benar capek, sehingga benar-benar membutuhkan istirahat. Menjelang tidur, kamu bisa melakukan hal-hal yang menarik dan bermanfaat, seperti mendengarkan musik, membaca buku, ataupun menggambar.. Iya menggambar!

Carilah Posisi Paling Nyaman

Posisi saat menulis sangatlah penting bagi penulis. Kalau mengunakan meja yang terlalu tinggi maka punggung akan cepat capek, kalau tanpa kursi maka pinggang akan sakit, bahkan kalau menghadap ke tempat yang berantakan, maka mata akan tak nyaman. Semua itu perlu diperhatikan, perlu diatur agar kita nyaman banget. 

Kalau katanya pekerja seni Bob Dylan "Put yourself in an environment where you can completely accept all the unconcious stuff that comes to you from your inner working of your mind". Singkatnya "Posisikan dirimu pada lingkungan yang senyaman mungkin sehingga kamu dapat menerima semua inspirasi yang datang dari pemikiranmu". Jadi segera atur posisi ternyamanmu, agar kamu mampu menyelesaikan tulisanmu. 

Tentukan Target

Kamu bisa saya menulis kapanpun, kemudian meninggalkannya kapanpun kamu mau, hal ini tidak akan membawamu kemana-mana. Penulis profesional harus menyelesaikan tulisannya secepat dan sebaik mungkin. 

Ketika kamu duduk menghadapi tulisanmu, tentukan targetmu. Pastikan bahwa hari ini kamu menulis 2500 kata, 3 chapter, 5 artikel, ataupun satu cerpen. Target akan memaksamu fokus, dan fokus itu sangat penting bagi penulis. 

Jadikan Menulis Sebagai Rutinitas

Menulis merupakan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi penuh dan inspirasi. Dengan mengatur jadwal khusus untuk menulis, maka otak akan mudah fokus sehingga dapat menulis dengan baik. 

Tanpa jadwal yang baik, kegiatan menulismu akan kacau, karena pikiran sedang tidak dalam kondisi yang tepat untuk menulis. Membangun kebiasaan menulis akan memberikan efek mudahnya kita untuk menuangkan ide dalam tulisan. 

Buatlah Rencana

Menulis secara langsung sering berakhir pada writer's block, maka salah satu cara paling ampuh mengatasinya ialah dengan membuat perencanaan dan konsep tulisan. Dengan membuat konsep tulisan yang jelas, dan menghubungkan beberapa ide yang akan dituliskan, akan menjadi brainstorming alami untuk menulis. 

Jadi menyisihkan 5 hingga 15 menit untuk mengonsep tulisan merupakan cara yang sangat baik. 

Atur Waktumu Sebaik Mungkin

Menyisihkan waktu 2-3 jam penuh untuk menulis terbukti lebih produktif daripada menyisihkan waktu 1jam lima kali sehari. Jadi dibandingkan menulis sebentar-sebentar, lebih baik menyediakan waktu full 2jam untuk menulis sebuah cerita/artikel. 

Simpan Hasil Kerjamu

Banyak hal tak terduga dengan penggunaan teknologi, terkadang laptop atau komputer kita eror dan mati tanpa sebab, atau bisa juga komputer kita mati karena listrik mati, ini akan membuat kita putus asa dalam menulis. Tekanlah Ctrl+S untuk menyimpan hasil kerjamu. Ini sangat mudah dan menghemat waktumu. 

Jangan Ragu Untuk Membuang Tulisanmu

Terkadang kita terlalu semangat menulis, sehingga tulisan kita melebar kesana kemari, merusak konsep artikel kita, nggak nyambung dari cerita awal. Maka jangan ragu untuk membuangnya, menghapusnya!

Aku sendiri terpaksa menyimpan tulisanku hanya dalam draft, karena menrutku tulisan tersebut tidak pas untuk terbit. Ya, harus begitu jika ingin menjadi pro!

Mintalah Pendapat dari Orang Lain

Sebelum mempublish tulisanmu, mintalah pendapat orang lain. Oleh karena tulisan tersebut adalah hasil kerja kita berhari-hari, bahkan berbulan-bulan, biasanya kita akan terus menganggapnya bagus. Kita sering kehilangan sisi obyektifitas pada karya sendiri.

Sebaiknya mintalah pendapat orang lain yang mumpuni untuk menilai karyamu. Mereka akan memberikan pendapat jujurnya. Terimalah itu sebagai saran dan masukan.

Itulah kebiasaan yang harus kalian lakukan agar segera menjadi penulis profesional. Menjadi professional berarti mendapatkan uang dari menulis, simak berbagai caranya disini. 

Tidak ada komentar