Mengapa Mind Map?


oleh:

Jika pada tulisan yang lalu (di sini  dan di sini ) saya menyarankan menggunakan Mind Map untuk melakukan eksplorasi ide-ide untuk mengembangkan topik atau tema tulisan, tentu ada sebabnya. Yang utama adalah karena saya sudah merasakan manfaatnya yaitu ketika saya hendak menulis suatu tulisan yang panjang atau buku misalnya, ketika saya
break-down dalam bentuk mindmap hasilnya, meskipun kadang tulisan itu mangkrak beberapa bulan bahkan tahun, saya masih ingat sekali apa yang harus saya tuliskan dan bagaimana alur ceritanya. 

Oh ya, sekedar informasi saja, saya mengenal mind-map ini pertama kali sekitar tahun 1999 saat membaca buku Quantum Learning karangan Bobby de Potter - dia menyarakan agar pembelajar / siswa untuk menggunakan teknik mind map ini untuk lebih mudah mengingat pelajaran.

Kali ini saya ingin sedikit memberikan penjelasan tentang mengapa metode pencatatan mind map yang ditemukan oleh Tony Buzan ini sangat efektif tidak saja bagi penulis tetapi juga bagi semua orang. Berikut ini saya ringkaskan bagaimana7 Langkah membuat mind map yang benar menurut penemunya.: 

1. Mulailah dari TENGAH dari kertas yang kosong dengan posisi melintang (landscape) . Mengapa? Karena dengan memulai dari tengah akan membuat otak anda mengekspresikan ide-idenya ke semua arah secara bebas dan alami 
 
2. Gunakan GAMBAR dan SIMBOL pada ide utama anda. Mengapa? karena sebuah gambar adalah bernilai lebih dari seribu kata dan membantu anda menggunakan imajinasi. Posisi di tengah lebih menarik dan membuat anda focus, membantu konsentrasi dan membuat otak anda lebih mengembang.
 
3. Gunakan WARNA. Mengapa? karena warna warni lebih menarik bagi otak anda seperti gambar. Warna juga akan menambah semangat dan membuat mind map anda lebih hidup, menambah energy yang luar biasa bagi anda untuk berpikir kreatif dan menyenangkan.
 
4. SAMBUNGKAN CABANG pada mind map anda pada Gambar yang di tengah (pusat) dan hubungkan cabang tingkat ke dua dan ketiga ke cabang tingkat pertama dan kedua dan seterusnya. (lihat gambar agar lebih jelas) Mengapa? otak anda bekerja bedasarkan asosiasi dan menyukai keterkaitan antara beberapa hal secara bersamaan. Jika anda menggabungkan masing-masing cabang akan membuat anda lebih mudah mengingat dan memahaminya.
 
5. Buatlah cabang secara MELENGKUNG daripada berbentuk lurus. Mengapa? karena garis-garis yang lurus membuat otak anda cepat bosan
 
6. Gunaka SATU KATA PER BARIS. Mengapa? Karena sebuah kata akan membuat Mind Map anda lebih kuat dan fleskibel.
 
7. Gunakan sebanyak mungkin GAMBAR. Mengapa? Karena setiap gambar, seperti gambar yang ada di tengah, juga melebihi 1000 kata untuk menggambarkan sesuatu. Jika anda meletakkan 10 gambar atau symbol maka itu setara dengan 10.000 kata.

Begitulah, penjelasan Tony Buzan sebagaimana yang ada pada laman ini

Sekedar informasi juga, baha banyak sekali penelitian tentang efektivitas penggunaan Mind Map dalam berbagai bidang pembelajaran, anda bias mencarinya pada Google.
Itulah urain singkat tentang mind map – semoga bermanfaat dan bias mengaplikasikan dalam kehidupan pribadi dan professional anda.
------
Malang, 5 Agustus 2016


Tidak ada komentar