Tips Ngeblog Dapat Duit

Menjadi Penulis Produktif dan Berpenghasilan

Cara Menulis Artikel : Strategi Menyelesaikan Tulisan

Menulis aritkel merupakan kemampuan yang mutlak diperlukan seseorang yang pernah bergelut dalam dunia akademik dan jurnalistik. Selain untuk menghasilkan uang yang banyak ativitas menulis artikel ini merupakan sarana kita dalam mencatat dan berbagi ilmu pengetahuan. Apalagi dengan adanya berbagai media sosial dan media publikasi yang berkembang saat ini, kita akan semakin mudah menulis artikel dan membagikannya kepada pembaca.

Namun, pernahkah Anda memiliki keinginan menggebu-gebu untuk menulis suatu ide? kemudian ketika baru saja menuliskannya, kita merasa tulisan kita jelek, lalu merasa bingung dan tidak mampu menyelesaikan tulisan dengan baik? Ya ini adalah permasalahan banyak orang. Jadi tenang saja, beberapa orang telah melaluinya, termasuk saya. Maka berikut ini adalah cara menulis artikel dengan mudah.

Cara Menulis Artikel dan Strategi Menyelesaikan Tulisan

menulis itu mudah
menulis itu mudah
Prinsip pertama iala kita harus memahami bahwa menulis itu merupakan hal yang mudah, tetapi untuk bisa menulis dengan baik kita butuh latihan berulang kali. 

Setiap orang memiliki kemampuan otak kanan dan otak kiri. Setiap kali ide muncul, itu adalah ulah otak kanan yang spontan. Kita telah terprogram untuk memunculkan ide dengan otak kanan terlebih dahulu. Kemudian memaksimalkan ide tersebut menjadi sesuatu yang berdaya guna dengan otak kiri kita.

Sifat Otak Kita

Sebagaimana sifat otak kanan yang spontan, kreatif, bebas, dan 'liar', maka ketika ide kita muncul, otak kanan kita sedang bekerja. Tak lama kemudian otak kiri kita akan bekerja secara sistematis, runut, hati-hati dan penuh pertimbangan memikirkan ulang keputusan terbaik yang bisa dilakukan.

Rumah Makan Padang

Contohnya saja, ketika kita berjalan-jalan melewati kawasan pertokoan. Kemudian kita melihat Rumah Makan Padang. Maka yang terbesit di pikiran kita ialah "Harus makan disini nih! Wanginya sedep banget!". Hal ini adalah spontan, dan merupakan program bawaan dari kita lahir, hasil ulah otak kanan kita. Kemudian kita akan berfikir ulang kalau kita makan disini uang kita bisa abis donk? Ntar gimana makan nanti sore? gimana kehidupanku besok? Dan beragam pertimbangan lainnya.

Jika diibratkan "Makan di Warung Padang" itu adalah ide spontan untuk menulis, maka dari banyak pertimbangan tersebut kemungkinan besarnya kita tidak jadi menulis. Bagaimana mungkin kita bisa menulis, karena dipikiran kita sudah sibuk memikirkan kalau tulisannya jadi jelek gimana? kalau tulisannya nggak ada yang baca bagaimana? Kelamaan!

Makanlah!

Dengan sangat sadar, untuk kasus di warung padang itu, saya katakan "Makanlah!". Ini bukan berarti saya mengusulkan untuk menahan kerja otak kiri Anda, tetapi saya sarankan untuk mengabaikannya sementara. Ketika ingin makan enak, maka makanlah terlebih dahulu. Nahh setelah bayar makan yang mahal, dan menghabiskan uang banyak itu, barulah ajak Si Otak Kiri bekerja "Bagaimana caranya dengan sisa uang yang ada kita bisa hidup hingga besok?"

Oke, seperti peristiwa di Rumah makan Padang itu, begitu pula dengan menulis. Ketika Anda terbersit sebuah ide untuk menulis, tuliskan saja terlebih dahulu semua ide Anda. Abaikan untuk sementara Otak Kiri Anda, cuekin. Kemudian ketika tulisan Anda dirasa sudah selesai, barulah  ajak Si Otak Kiri bekerja "Bagaimana mengedit tulisan Anda agar lebih bagus dan nyaman dibaca".

Jadi cara menulis artikel seperti ini bertujuan untuk memisahkan pekerjaan Anda. Anda tidak bisa melakukan penulisan naskah dan editing sekaligus. Anda harus menuliskan naskah hingga selesai terlebih dahulu, baru kemudian mengeditnya hingga sebagus mungkin.

Jika setelah proses editing Anda masih merasa kurang bagus, maka bersikaplah fair terhadap diri Anda dengan mengakui bahwa artikel itu telah selesai, kemudian mencoba lagi membuat artikel yang lebih bagus.

Dengan cara ini, Anda akan dapat dengan mudah menyelesaikan sebuah artikel berkualitas sesuai dengan ide di kepala Anda. Cara ini merupakan cara yang termudah untuk menyelesaikan sebuah artikel, baik itu urusan pekerjaan, ataupun untuk tugas kuliah. Selamat Mencoba!

Follow by Email

Popular Post

Footer Menu