Tips Ngeblog Dapat Duit

Menjadi Penulis Produktif dan Berpenghasilan

2 Situasi Yang Bisa Menghasilkan Duit Bagi Penulis # 2

Profesi Unik - Deodorant Tester  -
gambar dari  www.lowbudgetprosper.com

Setelah Anda membaca tulisan sebelumnya - bisa bisa dibaca di  sini tentang situasi pertama yang menguntungkan bagi penulis, berikut ini adalah kondisi yang kedua yaitu “Berprofesi Khusus atau Unik”

Yang saya maksud berprofesi “khusus dan unik” itu bisa terjadi pada semua profesi asalkan yang bersangkutan memang mempunyai sudut pandang atau lebih khusus mempunyai keahlian tertentu yang tidak dimiliki oleh kebanyakan profesi tersebut.

Untuk mudahnya saya berikan contoh nyata. Beberapa waktu yang lalu saya ikut upgrading pelatihan pengadaan barang dan jasa untuk instansi pemerintah selama 5 hari. Pelatih (trainer) nya 2 orang yang cukup disegani di dunia pengadaan. Kedua-duanya masih muda umurnya, di bawah 38 tahun. Yang satu jadi PNS belum genap 10 tahun, yang satu malah sudah resign jadi PNS – setelah mengabdi selama 10 tahun. Dan yang menarik kedua orang ini, sering dijadikan nara sumber atau konsultan pengadaan barang dan jasa bahkan sampai tingkat kementerian, padahal dua-duanya asalnya dari luar jawa.

Lantas apa kaitannya dengan menulis yang menghasilkan duit?

Ya, kedua orang tersebut sama-sama “getol” menulis hal-hal yang terkait dengan pengadaan barang dan jasa, dan blog pribadi kedua orang itu dijadikan rujukan bagi teman-teman praktisi pengadaan barang/jasa pemerintah, tak hanya dari kalangan pemerintah tetapi juga dari kalangan penyedia (perusahaan yang menjadi pemasok kebutuhan pengadaan barang/jasa di lingkungan pemerintahan).

Pada suatu sesi istirahat saya selalu sempatkan ngobrol dengan keduanya, dan yang menarik dari perbincangan saya dengan satu di antara mereka adalah cerita bagaimana “suka duka” sang trainer ini ketika menerbitkan buku tentang pengadaan barjas untuk pertama kalinya. Yang mulai ditolak penerbitlah, yang harus mengurusi sendiri dan mengirim buku yang dia tulis ke pemesanlah, sampai-sampai istrinya yang sedang hamil harus jadi asisten menangani pemesanan buku yang dating dari segala penjuru Indonesia. Dan dari penerbitan buku pertama tersebut dia cerita sudah bisa beli mobil. Saat ini kondisinya justru berbalik, kalo dulu di tolak penerbit, sekarang malah dia selalu diburu penerbit agar selalu nulis buku lagi (padahal bukunya sudah 4 biji), selain itu ada juga penerbit yang sudah me-digitalkan buku-buku karyanya sehingga bisa di unduh dari toko online android (play store), tentu saja untuk mengunduhnya harus mengeluarkan beberapa puluh ribu rupiah dan sang trainer ini mendapatkan royalty dari penjualan buku melalui penjualan di playstore tadi.

Ya, begitulah contohnya profesi unik atau langka yang saya maksud, dari segi pekerjaan dia sama dengan PNS pada umumnya bahkan pangkatnya masih tergolong rendah, tetapi dia punya keahlian yang tidak banyak orang punya dan mampu mempelajarinya padahal keahlian tersebut dibutuhkan di setiap instansi pemerintah dan para penyedia jasa yang konsumennya adalah instansi pemerintah.

Masih banyak contoh lain dari profesi yang unik ini, dan kabar gembiranya adalah anda bisa menjadi dan mempunyai profesi yang unik dan langka ini – apapun pekerjaan yang anda tekuni saat ini – asalkan anda mau mengeksplorasi lagi profesi anda tersebut secara mendalam bahkan bisa menjadi ahli di bidang itu dan anda menuliskan apa saja yang menurut anda bermanfaat dari profesi anda tersebut.

Tentu, profesi unik atau langka tersebut bisa mempunyai arti yang sebenarnya, dalam artian profesi utama yang tidak semua orang bisa atau bahkan tahu bagaimana menjalani profesi tersebut.

Di era internet yang sudah menjadi bagian penting dalam segala bidang kehidupan ini, ada profesi yang mungkin tidak pernah terpikirkan atau ada sebelumnya, atau jika sudah ada yang melakukan profesi itu namun sedikit sekali orang yang bisa melakukan itu.

Mau tahu contohnya?

Penjual blog zombie!

Wah profesi apa pula itu?

Secara singkat profesi tersebut adalah – seorang yang jualan blog-blog yang sudah pernah mati atau di hapus oleh pemiliknya dan oleh orang yang punya keahlian ini – blog-blog tadi dihidupkan dan dijual.

Ya dijual, karena bisa jadi blog-blog yang sudah berumur tua dan mempunyai Page Rank, Page/Domain Authoriti yang tinggi kalau dijual harganya bisa tinggi pula, mulai dari 10 ribu rupiah per blog hingga 300 ribu atau lebih per blog. Kalau anda masih penasaran silahkan masukkan kata kunci “ jual blog zombie “ (hilangkan tanda petiknya) di google dan silahkan baca-baca hasil pencarian google tersebut.

Ya itu sedikit contoh tentang profesi unik dan langka yang bisa menguntungkan bagi seorang penulis. Sekali lagi, apapun profesi anda saat ini, anda bisa menjadi dan memiliki potensi untuk menuliskan profesi anda – baik itu nantinnya bisa anda jadikan sebagai sumber utama penghasilan anda, atau menjadi penghasilan sampingan seperti yang saya lakukan dengan kedua situs saya : www.jasaghostwriter.net dan www.jobhuntingcenter.com

Anda berminat?

Mulailah sekarang juga

Follow by Email

Popular Post

Footer Menu