Tips Ngeblog Dapat Duit

Menjadi Penulis Produktif dan Berpenghasilan

Cara Riset Keyword yang Benar dan Jitu

Salah satu hal yang tidak banyak diketahui blogger pemula ialah masalah cara riset keyword di google. Terkadang bahkan ada yang telah blogging beberapa tahun namun masih tidak mengetahui apa itu keyword. Oleh karena itu pada pengantar Panduan Blogging FLP kali ini aku akan membahas tentang cara riset keyword yang benar dengan menggunakan tools gratis. Simak penjelasanku:

Long Tail Keyword

Keyword ialah kata kunci yang kita target agar tulisan kita bisa muncul di pencarian google dengan rangkaian kata tersebut. (Biasanya disingkat KW)

Contohnya jika kalian membuka google.co.id kemudian memasukkan kata kunci: "Contoh Senyawa Organik" maka salah satu blog yang muncul ialah blogku My Stupid Theory.

Kata kunci ini aku bidik, aku target dan aku inginkan, itulah sebabnya blogku muncul di pageone google.

Pasti dari kalian bertanya kenapa judul di blognya "Contoh senyawa organik dalam kehidupan sehari-hari"?

Nahh... Itu adalah Long Tail Keyword. Artinya, ketika pertama kali ingin menulis artikel, aku riset kata kunci yang kubidik "contoh senyawa organik".

Kemudian dari hasil riset, aku peroleh tambahan KW sehingga membuat artikelku sangat spesifik dan unik.

Bagaimana cara melakukan riset keywordnya? akan aku bahas di sini


Cara Riset Keyword dengan Google Adword Keyword Planner

Di internet terdapat banyak sekali alat (dalam hal ini mesin) untuk melakukan riset keyword. Semakin bagus alatnya, maka semakin mahal harga layanannnya.

Oleh karena kita adalah blogger pemula, maka lebih baik melakukan riset keyword yang benar dengan gratis menggunakan Google Adword Keyword Planner. 

Jika kalian belum mendaftar, silahkan langsung mendaftar menggunakan email google. Kemudian langsung saja kita gunakan mesin ini:

Get Ideas

Di sini aku langsung contohkan bagaimana menggunakannya untuk kata kunci "cara riset keyword". Tampilan awalnya seperti ini: 
cara riset keyword menggunakan google adwords keyword planner

Sebelum menekan Get Ideas, tentukan setting yang tepat. Pertama, masukkan kata kunci yang kalian bidik, kemudian masukkan targetting (lokasi: Indonesia, Bahasa: Indonesia).

Nah.. yang terakhir ini sering terlupakan, padahal penting, masukkan Average Monthly Searches: ubah tanda ke kurang dari (≤) kemudian tulis 1000. Jangan lupa tekan save untuk setiap setting.

Artinya, kalian akan mencari kata kunci tersebut di dalam Bahasa Indonesia untuk lokasi di Indonesia yang jumlah pencariannya kurang dari 1000.

Teknik ini memang khusus hanya untuk pemula. Itulah sebabnya kita hanya akan mengincar kata kunci yang jumlah pencariannya kurang dari 1000/bulan.

Hampir semua kata kunci berbahasa indonesia dengan pencarian kurang dari 1000, pasti persaingannya rendah. Sebagai pemula lebih baik mengincar pencarian rendah itu.

Setelah blog memiliki posisi cukup bagus di google, dengan kunjungan harian sekitar 200 orang, barulah beralih dari pencarian kurang dari (≤) ke lebih dari (≥) 1000.

Setelah seting semuanya baru tekan get ideas, akan muncul tampilan seperti ini:
Seperti yang terlihat di kotak merah, akan ada banyak sekali keyword tidak berhubungan dengan kata kunci yang kita inginkan. Oleh karena itu kita gunakan Keyword Option.

Keyword Option

Pilih Keyword option, kemudian tekan tombol on untuk ideas closely related to my search dan cek untuk Avg Monthly Searches untuk yang terbanyak ke terendah. Seperti pada gambar:

Jangan lupa tekan save untuk setiap setting. Setelah itu hasilnya akan seperti ini:

Nah dari situ kita tentukan Long Tail Keyword untuk kemudian kita proses menjadi artikel.

Kalian lihat sendiri kan bagiamana judul tulisanku kali ini menjadi "Cara Riset Keyword yang Benar" sedangkan kata Gratis pada judul itu aku peroleh dari google suggest.

Setelah melakukan riset keyword dengan cara yang benar, selanjutnya kalian bisa melihat persaingan keyword dengan SEOquake. 

Meniru KW Blog Lain

Kalau kalian benar-benar buntu dan tak punya ide KW apapun untuk dicari, gunakan teknik ini. Silahkan cari blog lain yang sama niche-nya dengan blog kalian. Kemudian kembali ke halaman awal dari Google Adword Keyword Tool, dan isi seperti ini:

Hasilnya kalian akan dapat banyak sekali keyword yang bisa dikembangkan. Tetapi ingat, setelah menemukan ide KW yang akan ditiru, lakukan riset ulang seperti dari awal agar mendapatkan long tail keyword yang tepat.

Metode riset keyword  seperti ini adalah kunci utama untuk membuat blog kita masuk pageone dan memiliki pengunjung. Menulis artikel tanpa riset KW tidak akan mendatangkan pengunjung ke blogmu, kalian cuma akan capek tanpa hasil siginifikan.

Itu mungkin rangkuman semua cara riset keyword yang benar dan gratis.

Tetapi biasanya aku nggak langsung menulis dengan keyword tersebut, aku akan cek ulang di google.co.id untuk melihat persaingannya dan variasi keyword lainnya.

Sedangkan untuk melihat persaingannya, baca lagi: Melihat Persaingan Keyword Menggunakan SEOquake. 

Follow by Email

Popular Post

Footer Menu